Selasa, 26 November 2013

Terobosan Besar Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan harus dilakukan terobosan besar untuk mengatasi berbagai masalah Jakarta seperti banjir, sampah dan juga kemacetan lalu lintas.

"Kalau hanya sama saja seperti tahun-tahun sebelumnya maka tidak akan selesai-selesai," kata Jokowi, dalam acara Konsultasi dan Diskusi Publik Tentang Masalah Banjir, Genangan, Rob, Penurunan Muka Tanah dan Degradasi Lingkungan Pesisir Ibukota NKRI di Wisma Makara Universitas Indonesia (UI), Depok, Selasa.

Ia mengatakan terobosan besar sangat penting namun tentunya sudah perhitungannya mengenai dampak sosial maupun dampak secara lingkungan sekitarnya.

"Saat ini kita sudah kehilangan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan masalah Jakarta," jelasnya.

Menurut dia memang tidak dibutuhkan pemikiran yang rumit-rumit tetapi bagaimana kebijakan yang telah diambil dapat segera dilaksanakan dilapangan. "Jangan berfikir ribet dan rumit-rumitlah, sekarang diputuskan maka besok dikerjakan," ujarnya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan pihaknya melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk menyelesaikan masalah DKI Jakarta termasuk dengan pemerintah pusat dan juga fakultas tehnik Universitas Indonesia.

Dikatakannya untuk mengatasi banjir Jakarta perlu dilakukan normalisasi sungai.

Sementara itu Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pihaknya mendukung penuh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dalam mengatasi masalah Jakarta.

Ia mengatakan permasalahan banjir Jakarta bukan hanya masalah Jakarta sendiri, tetapi ada peran daerah penyangga lain yang juga memicu terjadinya banjir Jakarta.

"Gagasan-gagasan yang diambil Jokowi untuk mengatasai permasalahan Jakarta perlu didukung, karena semua ini untuk kepentingan rakyat," katanya.

Dikatakannya permasalahan yang dihadapi Jakarta harus juga mendapat dukungan dari daerah-daerah yang berada di sekitarnya seperti Banten, Depok, dan Bekasi.

"Harus ada kebijakan bersama dan ada putusan siapa mengerjakan apa," katanya.

Masalah banjir kata dia tidak mengenal batas setiap daerah. Jadi memang diperlukan Jabodetabek yang terintegrasi.

Untuk mengatasi permasalahan DKI Jakarta yang begitu kompleks memang dibutuhkan anggaran yang cukup besar dan tentunya tidak hanya ditanggung oleh APBN ataupun APBD saja.

Related Posts by Categories



Your cOmment"s Here! Hover Your cUrsOr to leave a cOmment.